Saturday, March 18, 2017

Economic Empowerment of Women Entrepreneurs through “online” Business Incubator


Parallel Events, Monday, 13 March 2017
2:30 PM – 4:00 PM, Church Center of the United Nations 


Pembicara pertama dari Perth, Austalia Barat membahas tentang bisnis online focus ke perempuan khususnya fashion, perencanaan investasi masa tua, dan online training untuk bisnis pemula. Alasan utama beliau memulai bisnis dan training karena masih kurangnya bisnis atau perencanaa keuangan yang di kelola atau di mulai oleh perempuan.

Beliau membahas lebih lanjut tentang masa depan perempuan pada saat pensiun nanti. Beliau mengatakan bahwa 83% tidak siap untuk pensiun terutama pada umur 70 tahun di Australia. Oleh karenanya pertanyaan yang sering muncul untuk perempuan di seluruh dunia, adalah, apakah perempuan – perempuan yang sudah lanjut usia siap untuk pensiun dari segi keuangan? Are women prepared for their retirement? Oleh karenanya beliau memulai BPW bisnis inkubator atau projek perencanaan keuangan masa tua. Ini dapat di akses online dengan program yang ditawarkan seperti  bisnis training, one on one mentoring, dan webinar dengan tiga konsep: Get started, Get serious, Get professional”. Intinya, program ini akan membantu persiapan masa tua perempuan khususnya jika tidak ada jaminan bahwa mereka akan menghabiskan masa tua dengan keluarga (suami & anak-anak mereka). Financial security sangat penting dalam program ini apalagi untuk mereka yang tidak ada jaminan masa tua atau uang pensiun (superannuation) dari pemerintah.



Pembicara kedua, dari Taiwan, dari organisasi “Women Right Promotion and Development”, APEC multiyear project. Yayasan ini berdiri sejak tahun 1997 di biayai oleh pemerintah Taiwan dengan tujuan membangun hubungan antar pemerintah Taiwan, NGOs dan private sectors untuk pemberdayaan dan kesetaraan perempuan (gender equality). Project ini menggunakan ICT untuk membantu pemberdayaan perempuan – khususnya economic empowerment. Program ini dibagi menjadi tiga bagian (1) based line inventory – tahap ini mencari tahu bagaimana informasi dan tehnologi (ICT) dapat membantu perempuan; (2) kolaborasi dengan program Ibu Carol (pemateri pertama) untuk mengetahui persiapan dan bisnis apa yang cocok dengan peserta; (3) dan tahap terakhir, menghasilkan aplikasi “WE BOSS”.

“WE BOSS” adalah aplikasi yang membantu perempuan lain untuk mengetahui ketertarikan mereka tentang bisnis apa yang cocok, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis, kendala yang dihadapi, serta wadah untuk berbagi informasi dengan pebisnis lain yang telah sukses. Program “WE BOSS” juga membantu agar peserta paham apa aja yang harus di ketahui sebelum terjun langsung di dunia bisnis dan human resources. Aplikasi “WE BOSS” ini juga tersedia dalam berbagai Bahasa, jadi memudahkan peserta dari belahan dunia untuk mengakses dan menggunakan program ini. Kebanyakan dari peserta mengatakan program ini sangat efektif dan bermanfaat karena dapat di akses dari rumah dan kapan saja. Pada akhirnya, diharapkan pemberdayaan perempuan melalui bisnis menggunakan teknologi dapat membantu mereka dan masa tua mereka.


No comments:

Post a Comment